Selamat datang di Novi's Blog, blog ini hanya berisi curhatan saja, tempat meluapkan isi hatiku. Salam kenal dariku, semoga hidup kalian bahagia ya... Makasih loh udah mampir hahaha

28/01/17

Cerita Pejuang Skripsi Part 1

Assalamualaikum :)
Selamat malam !!!
Apa kabar semuanya? Hahaha Semoga baik-baik aja ya!

Btw, Kayaknya blog ini bakalan jadi saksi cerita panjang selama proses pengerjaan skripsiku deh :D
Jadi buat pembaca blog ini, mungkin beberapa postingan selama tahun 2017 bakalan berisi tentang skripsi terus.
Dengan postingan ini, semoga ada manfaatnya juga ya buat kalian yang mungkin tahun depan bakalan ngerjain skripsi :D

Alhamdulillah salah satu resolusi awal tahun ini terwujud. Tepat tanggal 26 Januari 2017,  Aku berhasil daftar DE. Apa sih DE? DE adalah singkatan dari Desk Evaluation, DE merupakan pengganti Seminar Proposal Skripsi. Jadi sistemnya kalau kita udah selesai ngerjain BAB I sampai BAB III dan sudah di acc sama Dospem, selanjutnya kita daftar DE. DE dibuka setiap satu bulan sekali, durasi pengumpulan proposalnya selama 5 hari, mulai dari hari Senin sampai Jum’at. Sebenarnya DE ini berlaku mulai tahun lalu. Jadi mulai tahun lalu itu sidang Proposal sudah ditiadakan. Eh, btw kayaknya DE hanya berlaku di kampus Telkom deh! Tapi gatau sih kampus lain hehehe
Sebenernya DE itu ada plus minusnya. Menurutku kalau enaknya DE itu, kita gak mesti sidang. Jadi ga ada deg-degan presentasi didepan penguji. Hahaha. Tapi ga enaknya, kalau ada revisi dan tulisan si dosen jelek bikin kita ga ngerti mampuslah. Karena sistem DE ini penguji tidak tahu siapa yang buat skripsi dan kita pun gatau siapa dosen penguji kita. #Rahasia
Nih syarat untuk ikut DE di Telkom dan jadwal pendaftarannya :
Sumber : BEM FKB

Nah, kebetulan bulan januari ini DE dibuka mulai tanggal 23 sampai 27. Dari awal tahun sih udah ngincer terus, bulan ini harus DE. Aku udah nyusun semua rencana mulai dari mengerjakan skripsi per-BAB. Jadi rencananya awal minggu ini selesai BAB I,  minggu kedua selesai BAB II & III, dan minggu ketiga tinggal revisi doang.  Nah, selain rencana ngerjain skripsi aku juga udah buat jadwal pertemuan dengan Dospem. Tapi, apa boleh buat rencana pengen bimbingan tanggal 13 Januari ditolak sama Dospem, sampai aku galau. Sebenernya salah aku juga sih, jadi waktu itu aku minta bimbingan hari itu juga, tapi dia tolak karena kata dia kalau mau bimbingan harus janjian dulu. Dan dia mau bimbingan hari Senin.
Sebenernya ceritanya ga sesimple ini, kalian lihat aja deh chatnya. Sumpah ya mau balas chat dia aja mikirnya lama banget dan itu pun dibantu sama temen-temen buat bikin kata-kata. Kelihatannya lebay sih tapi mungkin kalau kalian posisinya kayak aku bakalan bingung juga hahaha
Hari Senin, 16/01/2017 ...
Aku pergi kekampus sekitar jam 9an, sampai dikampus aku langsung masuk ruangan Dospem. Ternyata ada temanku yang lagi bimbingan juga. Niatan aku tuh ya cuman mau setor muka doang ke Dospem, eh taunya dia bilang “saya lagi bimbingan” dalam hati aku jawab “ya aku juga tau, tanpa dia kasih tau juga” tapi kenyataannya aku jawab “iya pak”. Haduh, makinlah aku takut! Jum’at lalu ditolak buat bimbingan sekarang malah diusir T.T
Beberapa menit kemudian temen aku yang habis bimbingan keluar dan langsung aku samperin Dospem. Didalam hati udah komat-kamit terus, semoga bimbingannya lancar. Masuk ruangan ...

Dospem : kamu, kemana aja?
Aku : aku..., ada aja kok Pak.
Dospem : skripsinya gimana? Temen kamu udah banyak yang DE bahkan udah lulus.
Dalam hati aku jawab “jadi dia nanya skripsiku, kirain nanyain aku hahaha.”
Aku : ya, aku baru ngerjain sampai bab 2 pak, semester lalu sibuk pak
Dospem : coba lihat! *sambil narik kertas yang aku bawa...
Bimbingan pun terjadi sekitar 15 menitan.
Hasil dari bimbingan pertama dibulan Januari ini adalah :
1. Ganti judul skripsi, karena menurut Dospem, judul yang aku pakai kaya tugas kuliah bukan untuk skripsi
2. Revisi latar belakang
3. Dan selesaikan 3 BAB dalam 2 hari, jadi hari Rabu aku bimbingan lagi, sudah selesai BAB I sampai BAB III

***Skip***

Hari Rabu, 18/01/2017 ...
Nah pas bimbingan kedua ini, aku ga sendiri. Ada 2 teman aku juga yang mau bimbingan. Waktu itu aku sama Rosi udah dateng duluan. Kita langsung masuk ruangan Dospem, tapi pas kita masuk ruangan, Dospem malah bawa tas mau keluar.

Dospem : mau ngapain kalian?
Aku : mau bimbingan pak, katanya hari ini.
Dospem : Aduh, saya ada rapat euy! Nanti ya, selesai rapat.
Rosi : Jam berapa pak?
Dospem : Ah, kamu mah tanya-tanya jam terus, tunggu aja disini sampai saya selesai.
Rosi : Bukannya gitu pak, nanti kasihan kalau bapak yang nunggu kita *sambil cengengesan
Aku : iya pak, masa nanti bapak yang nunggu kita *sambil cengengesan + takut
Dospem : yaudah tunggu aja disini.

Akhirnya kita ditinggal dengan ketidakpastian #DospemPHP hahaha
Beberapa menit kemudian Previa pun datang. Kebetulan ada dosen IKOM yang lewat, dan Pre pun nanya kira-kira selesai rapat jam berapa dan dosen itu bilang sekitar jam 1 siang. Daripada kita nunggu didepan ruang dosen, akhirnya kita makan dulu.
Jam set 1an kita kembali ke kampus dan beberapa menit kemudian Dospem datang. Yang duluan masuk Previa, setelah itu Rosi dan terakhir Aku.

Sampai diruangan...
Aku : pak saya belum selesai ngerjain BAB III nya, baru sebagian...
Dospem : kenapa?
Aku : ga keburu pak, lagian ada beberapa buku yang belum saya dapat
Dospem : *narik kertas yang dibawa
Bimbingan seperti biasa.
Hasil dari bimbingan kedua :
1. Revisi manfaat praktis dan akademis (BAB I)
2. Revisi tulisan, kalau kualitatif itu disebut jenis penelitian dan studi kasus disebut dengan metode penelitian
3. Menggunakan teori atribusi dan konvergensi simbolik
4. Cari buku mengenai perilaku sosial (harus dibaca)
Selesai bimbingan dia minta hari senin depan, sudah selesai semua...

Bimbingan kedua ini bikin aku galau banget! Walaupun teorinya udah dikasih tau, ada kemungkinan skripsi aku ga bisa lanjut kalau ga dapat pembahasan mengenai motif. Sebenernya banyak sih pembahasan mengenai motif, tapi susah cari pembahasan motif yang sesuai dengan rumusan masalah aku.
Yagitulah! Sampai dirumah aku nangis dan cerita ke mamah. Tapi mamah selalu bilang “jangan ditangisin, banyak doa + usaha”
Pas hari sabtu pagi, aku diantar sama bapak dan adik aku ke Palasari, aku mau cari buku tentang motif. Untungnya dapat dan kebetulan juga beli ditoko temen bapak aku, jadi dapet diskon juga Hahaha

~~~Skip~~~

Hari Senin, 23/01/2017...
Hari ini kita bimbingan diluar, yaitu ditempat cafe ala-ala milik Dospem. Baru juga sampai disana, aku sama 2 temanku udah mau ditinggal T.T dia bilang mau keluar sebentar. Okey lah kita tunggu, sambil pesen makan.
Sekitar 1 jam kita ditinggal.
Sebenarnya bimbingan diluar kampus suasananya lebih cair gitu sih.
Aku dan 2 temanku bimbingan dari magrib sampai jam 9 malam.
Dan alhamdulillah revisi aku ga terlalu banyak, hasil revisinya adalah ..........
1. Tambah informan pendukung, yang pekerjaannya sosiolog
2. Buat pedoman observasi + wawancara
3. Teknik analisisnya ganti pakai yang Creswell
Dan Dospem minta hari Rabu selesai semua.
***

Hari Rabu, 25/01/2017 ...
Sebenernya hari ini pengen banget jadi hari terakhir bimbingan biar bisa daftar DE. Soalnya DE ditutup 2 hari lagi :( Sebelum berangkat ke kampus aku minta do'a sama keluarga biar dipermudah segala urusannya. Pas hari senin lalu, Dospem sih janjiin bimbingan Rabu siang di kampus. Tapiiiiiii, pas dikampus ternyata dia ga ada. Akhirnya aku Whatsapp dia....

Yaa, akhirnya pergi lagi ke cafe ala-ala Dospem. Sampai disana ternyata Dospem belum sampai. Setelah hampir set jam nunggu, Dospem pun datang. Dia bilang, "maaf terlambat karena ada urusan di kampus". WHAT??? Kalau dia dari kampus ngapain bimbingan disini sih T.T
Tapi bersyukurlah bimbingan hari Rabu ini jadi bimbingan terakhir. Besoknya aku daftar DE! Yeahhhhh
***

Hari Kamis, 26/01/2017
Alhamdulillah hari ini aku daftar DE, dan segala urusannya dipermudah. Mulai dari ngurus perpanjangan bimbingan, minta ttd Dospem dan pengumpulan berkas proposal skripsi.
 
 
 

Tapi...
Gatau kenapa setelah daftar DE aku malah jadi galau, sampai saat ini. Aku takut kalau penelitian ini gabisa lanjut, karena jujur aja menurut aku judul skripsi aku agak sedikit melenceng dari jurusan aku. Tapi, semua teman-teman selalu meyakinkan kalau skripsi aku pasti bisa lanjut. Kadang aku PD sama skripsi aku, kadang juga pengen nangis gajelas gitu, gara-gara ketakutan yang aku buat sendiri. Ya semoga hasil DE nya tidak mengecewakan dan bisa melanjutkan penelitiannya. Aaminn. Minta doanya juga ya man-teman, semoga segala urusan kalian juga dipermudah :) <3

Btw, makasih bangetttttt buat Mustika dan Icha yang udah mau nemenin aku pas bimbingan. Previa dan Mustika yang selalu meyakinkan skripsi aku pasti bisa lanjut. Mustika yang suka ngehibur aku, kalau lagi ngerjain skripsi di perpus dengan kepolosan dan kejailannya. Tika yang udah berbagi mengenai skipsi dan cerita lainnya, semangat belajar di Parenya. Dan semua teman-teman yang sama-sama lagi berjuang dengan skripsinya. 

Buat Mus dan Pre pasti bisa ngejar DE bulan depan ya! Semangat <3

24 komentar:

  1. Semoga tabah ya. Skripsi memang salah satu masa terberat di kuliah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, perjalanan masih panjang nih ~~~

      Hapus
  2. Yang semangat yah...
    mau gimana lagi...
    Tamat kuliah memang butuh usaha keras..
    Yang penting jangan nyerah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak Feli :D
      Niat, usaha, doa, dan semangat!

      Hapus
  3. owalah kuliah di telkom toh :))

    kayaknya enakan DE ya daripada musti ujian proposal. Kemaren gue pake ujian proposal dan deg2annya parah banget. Udah capek2 ngerjain bab 1-3 bisa2 disuruh ganti judul/variabel penelitian :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah hasil DE juga sama aja kaya sidang proposal, bisa ganti judul atau bahkan DE ulang :(
      Ih tapi jangan sampai deh DE ulang

      Hapus
  4. saya sudah mengalami masa masa ini 2 tahun lalu...dan moment paling malesin itu ketika kita udah janjian, nunggu lamaaaa tau tau sang dosen ngga nongol-nongol juga TT

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha iya bener banget, kadang dosen sama aja kayak gebetan #pemberiharapanpalsu

      Hapus
  5. Wuih, di Telkom. Jadi inget ada mahasiswa sana promosi kampusnya di sekolahku. :))

    Ternyata gini amat yak, kehidupan mahasiswa. Aku mah anak SMA sepait-paitnya paling besok ulangan mendadak aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha nanti juga kalau kamu jadi mahasiswa ngerasain kok :D

      Hapus
  6. Perjuangan nih, semoga bisa berjalan dengan lancar ya mba kedepannya..
    Good Luck..

    Salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin...
      Makasih ya!

      Salam kenal juga, makasih udah berkunjung :)

      Hapus
  7. Jadi teringat dulu, tapi Alhamdulillah saya lancar jaya, optimis dan positif thinking saja mba, semoga lancar perjuangannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih mesti optimis dan positif thinking, tapi tetep aja suka kepikiran negatif mulu hahaha

      Aamiin...
      Makasih ya!

      Hapus
  8. Anonim12/2/17

    SKRIPSI aaaaaaaaaaaaaaaaaa coba ga ada wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ga ada skripsi ga ada tantangannya hahaha

      Hapus
  9. itu pas minta tanda tangan dospem, minta foto bareng juga engga? terus upload di medsos #dospemphp
    .
    semoga lancar ya mba skripsinya
    skripsi oh skrips revisi oh revisi dospem oh dospem

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha enggalah, ngeri ya kalau upload foto bareng Dospem terus pakai hastag itu, kalau ada yang lihat terus ngaduin ke Dospem bisa tamat riwayat :D

      Aamiin... Makasih

      Hapus
  10. saya lagi ada acara....


    pak kalo bapak gebetan saya udah saya diskualifikasi dalam daftar pacar paakk....

    semoga lekas kelar dan revisi sedikit yaa say. syemangattsss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha haduh jangan sampai ah dapet gebetan yang PHP

      Aamiin... Semangat!!!

      Hapus
  11. Hahaha, jadi inget pas ngerjain skripsi paling "mahal" itu kalau nungguin dosen, soalnya sambil nunggu aku pasti jajan :'D Good luck, ya semoga lancar sampai selesai :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia Kak kalau janjian bimbingan diluar sama dospem, uang cepet ludes :D

      Aamiin...
      Makasih Kak Indi

      Hapus
  12. Saat mengerjakan skripsi sepertinya emang rowet gitu, coba ketika sudah lulus lalu sejenak mengingat proses pembuatan skripsi pasti Merasa Gimanaaaaa Gituuuuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, pasti jadi cerita bahan tertawaan, kenangan yang mungkin ga bisa dilupain. Makanya Aku mau tulis setiap proses pengerjaan skripsiku, supaya ada kenangannya gitu buat masa depan Hahaha

      Hapus