Selamat datang di Novi's Blog, blog ini hanya berisi curhatan saja, tempat meluapkan isi hatiku. Salam kenal dariku, semoga hidup kalian bahagia ya... Makasih loh udah mampir hahaha

03/09/13

ICT FOR BISNIS


Komunikasi internal & eksternal.

Komunikasi adalah suatu upaya yang bertujuan untuk mencapai kebersamaan.

Komunikasi menurut Howard Stephenson : komunikasi merupakan proses penyampaian pesan komunikasi dan efek komunikasi dari seseorang atau kelompok kepada orang atau kelompok lainnya.

Pengirim pesan adalah individu atau orang yang mengirim pesan. Sumber bisa dari 1 orang atau kelompok atau organisasi.

Pesan verbal = tertulis.
Pesan non verbal = isyarat , gerakan badan , eksperesi , dan nada suara.

Saluran atau media
-    Saluran adalah jalan atau alur yang dilalui pesan.
-    Penerima pesan adalah pihak yang menganalisis pesan.


Pengaruh pesan
-    Bisa terjadi pada pengetahuan , sikap dan tingkah laku seseorang.
-    Perbedaan bahasa.

Tanggapan balik
-    Sering berhadapan dengan orang.

Lingkungan mempengaruhi jalannya komunikasi
-    Lingkungan fisik
-    Lingkungan social budaya
-    Lingkungan psikologis
-    Dimensi waktu

Bentuk komunikasi
1.    Verbal
-    Berbicara dan menulis
-    Mendengar dan membaca
2.    Komunikasi non verbal

Verbal komunikasi yang teratur dan terorganisasi dengan baik.

Komunikasi lisan lebih banyak disukai dan lebih cepat tanggap apa yang di bicarakan.

Komunikasi tulisan lebih baik untuk bisnis. Contoh : bukti pembayaran/kwitansi.

Komunikasi non verbal : isyarat tubuh.

Fungsi komunikasi :

1.    Menyatakan atau mendukung identitas diri
2.    Membangun kontak social
3.    Mempengaruhi oranglain untuk merasa , berpikir , atau berperilaku seperti kita.

Saluran Komunikasi :

1.    Menggunakan media formal
•   newsletter
•   buletin
2.    Saluran komunikasi non formal
•    Perbincangan pribadi antar individu atau kelompok.

Hambatan :

1.    Hambatan komunikasi antar orang/sesame
-    Gangguan emosional
-    Pendengaran buruk
-    Salah tanggap
2.    Hambatan komunikasi dalam organisasi
-    Penyaringan komunikasi yang tidak tepat
-    Komunikasi tertutup

Cara mengatasi hambatan :
-    Memahami antar budaya
-    Proses komunikasi efisien dan efektif
-    Menggunakan teknologi secara bijaksana
-    Memegang tekad komunikasi yang baik

1 komentar: