Selamat datang di Novi's Blog, blog ini hanya berisi curhatan saja, tempat meluapkan isi hatiku. Salam kenal dariku, semoga hidup kalian bahagia ya... Makasih loh udah mampir hahaha

04/07/17

Cerita Pejuang Skripsi Part 3

Haiii semua, gimana puasanya? Lancarkan? :D
Selamat lebaran ya buat kalian yang merayakan. Mohon maaf lahir dan batin :)

Puasa tahun ini adalah bulan yang penuh berkah buat aku. Yes! Alhamdulillah akhirnya bisa ngerasain sidang skripsi!
Tapiiiii… semua itu butuh perjuangan, mari kita mulai bercerita.

Berawal dari tatap, indah senyummu memikat~~~ lah jadi nyanyi.

Jadi gini, setelah pulang penelitian dari desa Bojong, aku udah 5 kali bimbingan sama dosbim. Tanggal 24 Mei itu bimbingan ke 5 kalinya, dan bimbingan kali ini di Pawon Pitoe CafĂ© haha ga penting. Nah pas bimbingan, dosbim bilang kalau aku tinggal 1 kali lagi bimbingan udah bisa daftar sidang. Seneng banget kan tuh. Dalam hati bersyukur banget, ya akhirnya bulan depan udah bisa daftar, dan kebetulan waktu buat daftar sidang itu tinggal 2 minggu kuranglah. Nah, biar ga serba mendadak tanggal 30 Mei aku WA dosbim, nanya bisa bimbingan lagi kapan dan dia jawab minggu depan, karena dia lagi sibuk sama penelitiannya juga. Okelah! Akhirnya H-1 pembukaan daftar sidang, aku WA dosbim, tanya lagi bisa bimbingan kapan dan kali ini dia gabalas WA aku. Ahhhhh… disini aku sama temen-temen yang satu pembimbing mulai panik, soalnya dosen lain juga pada sibuk sama penelitiannya. Waktu itu aku mikir “ah ini kayaknya gak jadi daftar sidang deh, ah gak jadi wisuda Agustus, ah meleset dari target”. Sedih banget!!! aku cek WA dosbim, padahal dia sering online, dalam hati ‘weyyyy chat ku kenapa ga di baca sih!’ aku butuh penjelasan, jangan digantung gini dong :(

Hari berlalu…

6 Juni 2017.
Hari pertama dibukanya daftar sidang skripsi dan dosbim masih belum balas WA aku. Huuuah…Aku sama temen-temen lainnya nunggu didepan ruang dosen, tapi ga ada tanda-tanda kalau dosbim di kampus. Daripada gabut ga jelas akhirnya aku sama Previa pulang, sebelum pulang aku numpang sholat dikosannya sambil nunggu di jemput. Udah beres sholat, seperti biasa mainin HP. Lagi cek instagram tiba-tiba ada WA masuk. OMG! Akhirnya dosbim bales WA aku dan dia minta bimbingan besok. Alhamdulillah…

7 Juni 2017.
Hari bimbingan yang ditunggu telah tiba. Ternyata yang nunggu dosbim ku tuh bukan cuman aku dan 3 temanku, tapi ada 4 mahasiswa lainnya yang nunggu dia juga. Akhirnya kita bikin semacam no antrian gitu dan aku kebagian urutan no 3. Haduh, waktu itu udah mepet jam istirahat dan bener aja pas temen aku keluar ruang dosen, giliran aku ya setelah jam istirahat.

Oh ya, jadi waktu pas nunggu dosbim, aku sama temen-temen yang lain kan ngerumpi biasalah ya dan ternyata ada gosip kalau yang daftar sidang bulan Juni, bakalan sidang minggu depan. What???? Kita bener-bener ga dikasih nafas banget setelah daftar sidang, masa cuman dikasih waktu 3 hari doang buat siapin mental dan segala persiapan lainnya. Ga adil banget! biasanya kan setelah daftar sidang ada jeda 2 minggu, baru deh sidang. Nah yang daftar sekarang mah boro-boro, jauh dari jadwal yang udah ditetapkan. Tapi yaudahlah ya pasrah aja. Banyak berdoa semoga di ruang sidang ga dihabisin sama dosen penguji. Hahaha.

Setelah istirahat selesai, dosbim datang, nyuruh aku masuk ruangan dia. Bimbingan seperti biasa dan ternyata masih ada yang harus di revisi, yaitu abstrak, saran dan jurnal. HMMM! Mana nih yang katanya cuman bimbingan satu kali lagi kelar? PHP.

8 Juni 2017.
Hari ini aku daftar sidang ke LAAK. Berikut syarat-syarat untuk daftar sidang :
Sebenarnya aku baru beres ngisi form yang di LAAK aja sih, belum sah daftar sidang. Hari ini juga hari terakhir bimbingan dan tanda tangan lembar pengesahan. Yessss…
Oh ya sebelum tanda tangan itu lembar pengesahan, ada kesalahan NIP dosbim, jadi aku sama Previa harus print ulang. Padahal sehari sebelumnya temen aku udah bilang kalau NIP dosbim ganti, tapi karna aku malas WA dosbim jadi aku tetap print NIP dia yang lama. Hahaha… alhasil kita disuruh print ulang :D
Setelah semua urusan sama dosbim selesai, tinggal print skripsi 3 rangkap, buat dikasih ke LAAK. Ini kesalahan besar banget, sangking malasnya sampai dirumah aku malah nyantai. Niatan aku kan mau ngeprint malam aja biar santai ga ada gangguan, ehhh ternyata baru ngeprint 6 halaman tinta printnan habis. Jam 8 malam, keliling sekitaran rumah dan kampus tapi ga ada yang jual tinta, tempat langganan udah tutup. Sampai dirumah nangis, nyesel banget, kenapa ga dari sore coba aku ngeprint, kalau habis kan pasti tukang isi tintanya masih buka. Nah buat kalian jangan nunda-nunda kerjaan ya, rasa malas harus dilawan! Daripada menyesal kemudian. EAAA…

9 Juni 2017.
Jam 9 pagi, aku pergi ke tempat tukang isi tinta untungnya udah buka dan ngisi tintanya juga ga begitu lama. Selesai isi tinta, sampai dirumah ada lagi aja cobaannya, itu printnan tintanya gamau keluar pas ngeprint. Astagfirullah, antara ingin berkata kasar tapi inget bulan puasa. Tapi tetap aja sih kata-kata kasarnya keluar dalam hati :D
Udah di otak-atik tetap gabisa, nyari solusi di internet tetap ga bisa. Minta tolong sama AAnya buat datang kerumah, dia gabisa karena emang sibuk juga. Dia cuman ngejelasin lewat telepon apa aja yang harus aku lakuin, sampai akhirnya itu printnan bisa dipakai. Kesel banget sih sama AAnya, gabisa diminta tolongin banget. Kayaknya waktu aku teleponan sama AAnya lupa ngucapin makasih deh. Sangking kecewa, marah dan sedih jadi satu.
Ga sampai disitu doang, skripsi aku gabisa dikasih ke LAAK hari ini soalnya belum beres diprint. Aku minta tolong temenku yang dikampus tanyain ke LAAK boleh ga ngasih skripsinya jam 3 atau 4 sore, tapi ternyata LAAK gamau terima. Apa susahnya sih cuman nerima skripsi sama cek berkas-berkas doang, padahal tuh LAAK kan tutup jam 4. Kesel banget, ya aku mikir aku kan kuliah bayar, masa ga bisa ngelayanin gitu doang. Huuuu…
Yaudah akhirnya aku ngasih tuh skripsi hari jum’at. Sekitar jam set 9 pagi semua urusan daftar sidang selesai. Alhamdulillah. Tinggal menunggu jadwal sidangnya. Mmm! Ini momen yang paling bikin jantung mau copot, soalnya aku belum tau dosen penguji 2 itu siapa.

10 Juni 2017.
Akhirnyaaaaa jadwal sidang udah keluar. 
Fyi : urutan dari kiri ke kanan. No, NPM, nama, judul skripsi B. Indonesia, judul skripsi B. Inggris, kode pembimbing 1 & 2, kode dosen penguji 1 & 2, tanggal sidang, jam sidang, dan ruangan.

Mantap, aku sidang di hari pertama dan jam terakhir. Bapak aku bilang katanya jam segitu orang lagi lapar-laparnya dan emosi lagi memuncak. Kesel denger dia ngomong, bukannya nenangin anaknya yang mau sidang malah ditakut-takutin :(
Dan bener aja sidang dilaksanakan 4 hari setelah penutupan daftar sidang! Terlalu~~~
Udah pasrah bangetlah. Beberapa menit udah jadwal sidang keluar, aku nelpon nenek dan keluarga lainnya minta doa, semoga pas sidang semuanya berjalan dengan lancar, bahkan aku juga minta doa ke informan dan guru aku :D Kita gatau kan ya doa siapa yang di ijabah, makanya minta doa sama setiap orang. Hahaha.

H-1 sidang
Hari Senin, aku sama teman-teman yang lain ngadain simulasi sidang di Perpus. Pas simulasi teman-teman yang udah sidang bulan lalu berperan sebagai dosen penguji. Selesai aku presentasi, mereka pada nanya. Buset dah, pertanyaannya lumayan susah + gaya mereka yang udah kayak penguji beneran dan ada beberapa pertanyaan yang ga bisa aku jawab. Aku sampai mikir gimana nanti diruang sidang yang sesungguhnya. Ya Allah :(

Nah, pas simulasi aku WA dosen penguji kan untuk memastikan dia bisa hadir atau engga. Dannnnn ternyata dosen penguji 2 aku konfirmasi, kalau dia gabisa hadir dan posisinya diganti oleh ibu KRM. Ya ampun sedih banget, sampai aku kirim emoticon nangis ke itu dosen, padahal aku ga kenal dia. Hahaha di chat aja dia baik banget, bilang ke aku tetap semangat ya! Uhhhh terharu. Sebenarnya kecewa soalnya dosen penguji aku, kata mahasiswa lain tuh baik banget. Makanya pas tau dosen pengujinya gitu ga terlalu takut, eh ternyata malah diganti sama orang yang aku takuti. Aku takut sama ibu KRM karena aku pernah konsultasi tentang skripsiku, jadi aku mikir dia bakalan tau gitu loh seluk beluk skripsi ini. Udah itu pas aku konfirmasi kesediaan dia untuk hadir disidang aku dia balas, Ok, jangan lupa belajar ya. Whattt??? Sampai aku mikir ini kayaknya tanda-tanda dia mau ngabisin aku diruang sidang deh. Ya Ampun…

Ujian menuju sidang skripsi belum selesai sampai disini. Dosen penguji 1 juga mengkonfirmasi kalau dia tidak bisa hadir karena harus pergi ke Jakarta. Masalahnya, dia belum dapat dosen pengganti. Perasaan makin kacau balau.

Sore hari aku WA lagi dosen penguji 1 dan dia bilang masih belum dapat penggantinya.
Sampai malam, aku tunggu WA dari dia belum ada juga keputusan. Sumpah tidur ga tenang banget. H- beberapa jam menuju sidang tapi dosen penguji 1 belum ada.

Next ke Part 4 ya...

Buat kalian yang baru berkunjung ke blog aku bisa baca dulu mulai dari part 1 ya :)
Klik aja teks dibawah ini.

12 komentar:

  1. lama ngga keliatan nyiapin buat sidang toh ren?

    ajib bener bimbingan skripsi bisa di cafe. mau nongki nongki sambil ngopy juga bisa itu. cepet banget 3 hari. kalau akau dulu kaya e satu minggu habis daftar, baru dah tu jadwal sidang keluar.

    siap-siap dibantai sama penguji ya... XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya nih satu bulan lebih ga update :D sibuk banget ngurus sidang :D

      Ngopi nongki cantik bareng dospim ye :D
      Ih harusnya aku juga gitu sih, tapi karena kepepet lebaran *mungkin* jadi aja dimajuin jadwal sidangnya.

      hahaha Alhamdulillah sih ga dibantai, tunggu cerita lanjutannya ya HAHAHA

      Hapus
  2. meskipun jaraknya 3 hari sebelum sidang, sisi baiknya sidang jadi kelar lebih cepat kan? hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupssss bener banget, akhirnya hari yang ditakuti cepat terlewati :D

      Hapus
  3. Owalah, semangat ya mba. Kita sama2 sedang berjuang. Keep Fight!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeahhh semangat buat kamu, semoga lancar skripsiannya!

      Hapus
  4. wkwkwk menegangkan banget nih perjuangannya XD hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayak lagi nonton film action aja menegangkan HAHAHA

      Hapus
  5. Baru sempat kunjung balik nih mba hehe. ternyata anak2 smter akhir juga ya haha. ak juga merasakan hal-hal yang seperti ini di akhir2 gini. permaslahannya terlepas dari diri kita sendiri, pasti masalah dosen dan bagian administrasinya yg rada-rada. ya gak sih?

    slm knl ya, ak blogger dr Malang

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener banget, semuanya kayak terasa ribet gitu, tapi percaya deh setelah lulus, momen kaya gitu bener-bener berharga, bahkan rasanya pengen ngulang lagi hehehehe

      salam kenal juga ya :)

      Hapus
  6. Uwwwww baru sempat datang kesini kak :( sekarang gimana kak perjuangannya :d ditunggu lanjutannya. dan semangat kak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah perjuangannya telah selesai :)

      Hapus