Selamat datang di Novi's Blog, blog ini hanya berisi curhatan saja, tempat meluapkan isi hatiku. Salam kenal dariku, semoga hidup kalian bahagia ya... Makasih loh udah mampir hahaha

08/03/16

Berkunjung ke Kampung Singkong, Cimahi

Haiiii guys...
Finally, sekarang aku udah bisa ngeblog lagi, setelah setahun lebih vakum dari blog ini.
Postingan diawal tahun 2016 kali ini, aku pengen cerita waktu berkunjung ke kampung Cirendeu di Cimahi, yaitu Kampung yang dikenal dengan sebutan Kampung singkong. Kenapa sih tempat ini disebut Kampung singkong? Karena masyarakat di kampung ini mengolah singkong sebagai makanan pokoknya dan makanan-makanan yang inovatif lainnya, seperti dendeng dari kulit singkong, cheese stick dari singkong, rempeyek dari singkong dan makanan lainnya yang bahannya utamanya dari singkong.

Btw, kenapa aku bisa ke kampung ini, alasannya adalah karena tugas kuliah. Kalau ga ada tugas ini mungkin aku gabakalan tau kampung ini, walaupun kampung ini udah sangat terkenal dari dulu.


Oke, mulai bercerita ya...
Jadi, awalnya aku dan temen-temen pergi ke kampung singkong ini, karena ada tugas  mata kuliah program produksi TV dari kampus. Kebetulan  temen-temen kelompok aku setuju, kalau kita akan membuat sebuah program TV dengan format acara dokumenter drama dan mengambil tema tentang budaya. Setelah kami berdiskusi akhirnya kami menentukan beberapa kampung yang memiliki budaya unik dan belum begitu dikenal oleh masyarakat di Indonesia. Dan beberapa list Kampung ini bakalan kami jadikan beberapa episode dari program acara yang kami buat. Misalnya Kampung Naga, Kampung anti rokok, kampung singkong, Kampung teletubis, pokoknya kampung yang memiliki budaya yang unik dan belum terekspos di media massa. Karena dosen meminta kami membuat 1 episode, akhirnya kami memilih Kampung singkong yang akan kami jadikan episode pertama dalam program acara kami. Mengapa kami memilih Kampung singkong? karena kampung ini letaknya di Bandung sehingga kami tidak begitu banyak mengeluarkan budget. Hahaha, pilih yang lokasinya dekat aja. Kalian juga tahukan bagaimana kehidupan mahasiswa perantauan yang harus menghemat uang dari orangtua.

Saat kami berkunjung ke kampung singkong tersebut, awalnya sih menurut aku kampung ini biasa saja, sama seperti kampung-kampung lainnya. Karena kampung itu sudah terlihat Modern. Tapi, setelah dilihat lebih dalam ternyata Kampung ini memang ada sisi bedanya. Uniknya mulai dari makanannya yang semuanya terbuat dari singkong. Kami sempat wawancara  ibu-ibu yang sedang memasak di tempat produksi. Mereka bicara kepada kami kalau mereka belum pernah merasakan makan nasi, mereka hanya tahu bentuknya tapi belum pernah merasakannya. Kebiasaan itu masih mereka jaga hingga saat ini.
Kalau menurut aku sih, enaknya di kampung singkong itu, kurangnya polusi. Karena, tempatnya yang tidak bisa dilewati oleh mobil sehingga polusi udara disana tidak begitu banyak. Lagian tempatnya juga masih asri, banyak pepohonan.

Untuk mengerjakan tugas ini aku sama temen-temen mesti tiga kali datang ke kampung Singkong. Seneng rasanya bisa bertemu dengan orang-orang baru, walaupun ada beberapa orang yang aneh ngeliat kita, kadang kalau ditanya jutek, tapi itu sih yang bikin serunya. Orang lapangan harus menerima kalau digituin sama orang. Harus pinter ngambil hati orang-orang yang gak mau wawancara atau nggak mau divideo sama kita, sampai kita juga ambil video secara diam-diam. Intinya sih dari kunjungan aku ke kampung ini bisa saling berbagi, mendapatkan pengalaman, pelajaran. Jadi, bukan hanya karena tugas aja.

By the way,  buat kalian yang pengen lihat hasilnya nanti bakalan aku share di YouTube dan bakalan aku kasih link YouTubenya atau nanti aku bakalan upload videonya di blog ini. So, tunggu aja dan jangan lupa ya buat subscribe YouTube aku. Hehehe promosi ya.

Segitu dulu cerita dari aku, pokoknya kalian harus berkunjung ke kampung tersebut karena kampung itu unik banget makanannya dan kalian harus tahu bagaimana sejarah kampung mereka. Aku ga bisa share semuanya di sini, karena lebih baik kalian yang cari tahu sendiri. Kalau kalian ke sana, gak bakalan nyesel banyak ilmu sejarah yang bakalan kalian tahu dan kalian mesti nyobain makanan inovatif dari mereka, enak-enak banget...
Oke sekian dulu ya guys. Jadi, tunggu aja hasil videonya ya. Thanks ya udah berkunjung :)

2 komentar:

  1. pengalaman yang sangat menarik, tapi sayang tak ada kenang-kenangan fotonya yang di post

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, pas disana fokus sama tugas masing-masing aja, kebetulan tugas aku video Behind The Scene, pas disana ga kepikiran buat foto-foto. Btw, aku udah upload videonya di channel youtube, jangan lupa buat mampir ya. Thx

      Hapus